Warnet Game Online Dengan Akses Telkom Speedy







Menggabungkan warnet browsing dan game online dengan 1 line akses dari Isp telkom speedy memang luarbiasa berat tapi bisa diakali dengan mangemen bandwidth secara dinamis.maksudnya apa?
Di internet kita mengerti istilah IP statis dan IP Dinamis perbedaan antara keduanya adalah IP Static tidak berubah valuenya saat restart modem sementara IP Dinamis suka berubah tiap waktu. ada keuntungan dan kerugian IP model ini. Yang coba kita bahas adalah Managemen bandwith secara dinamis yang prinsipnya hampir sama dengan pengertian IP statis dan dinamis tadi.

Ambil contoh di warnet ini memakai paket up to 2 Mbps akses speedynya dan di saat menandatangani perjanjian kontrak kerjasama harusnya konsumen (pengelola warnet) mengerti dan siap menerima bandwith dari 0 yaang artinya Disconnect ampe 2Mbps ?Hmm.. klu dapet 0 terus pasti bangkrut ya .. :D 
(ntar kita bahas deh angka 0 ini di postingan selanjutnya)Nah giliran kebagian 0 itu user di warnet ini pada teriak ha ..ha..(maklumlah mereka/user ga tau dan ga mau tau :D), tau sendirilah gimana teriakan gamers saat disconnect .Nah disinilah pengelola warnet harus pinter-pinter menempatkan Operator tercantiknya 
(Si Neng Ocon mode ON) untuk menenangkan mereka (User di warnet).

Ok kembali kemasalah tadi, Tiga contoh video di atas menunjukan kinerja akses speedy yang benar2 lagi stabil nyaris tembus diatas kisaran 2 Mbps tapi itu bukan acuan untuk membagi bandwitch secara adil ke tiap2 user di client. Acuan yang kita pakai di sini yaitu kemampuan maximum ketika hanya1(satu) komputer yang konek ke internet di pake mendownload ,sebagai ujicobanya kita download file di web2 besar yang tidak dibatasi downloadnya (tidak di limit) misal ke webnya  microsoft.


Untuk Menerapkan pembagian bandwith secara dinamis sangatlah mudah cuman butuh 1 PC router sebagai wahana pembagiannya ,rata2 warnet standarnya sudah punya ? 
yang bikin bingung masih banyak warnet yang beredar mempunyai topologi jaringan seperti ini padahal jumlah client di atas 10 PC, bah pelit mode on..!




Langkah-langkahnya Ubahlah Jaringan Net anda pada contoh gambar jaringan lan sederhana seperti pada gambar di atas untuk membuat sebuah router seperti dibawah ini hanya menambahkan sebuah lancard lagi harganya di bawah 10 $ kok :D



Oke kita sulap pc billing/server menjadi sebuah router  kalu anda terlalu pelit untuk mengorbankan sebuah pc client menjadi router dan pasti akan 100% gagal juga klu anda terlalu pelit lagi membeli sebuah lancard  :D
Oh ya cara membuat router sementara anda googling dlu sudah banyak beredar males nulisnya he he silahkan pilih pke platform windows atau linux. Asalnya di net ini pke linux routernya cuman masalahnya listrik di daerah sini ga stabil (sering mati lampu) dan UPS ku udah jebol hingga router versi linux sering error gara2 listrik maka saya ganti pke  windows xp routernya.


 Perhatikan gambar di bawah ini sebuah router pada ip 192.168.2.2 (server) dan 192.168.2.4 (client)
di batasi dengan tanda contreng  sementara ip client laen value nya kecil atau kadang2 besar sendiri artinya sedang maen game online tanpa lagg   sengaja tidak di batasi makanya saya anggap trik ini membagi bandwidth secara dinamis.



Menurut pengalaman memakai software net limiter ini client di batas sampe 40 KBps itu cukup untuk membuka you tube tanpa buffering. 



So ..Warnet Game Online Dengan Akses Telkom Speedy sapa takut ....? Selamat membagi seadil-adilnya..!






Penulis : Braja ~ Warnetku yang transparan tanpa bilik/sekat Internet Positif - Stop Pornografi

Artikel Warnet Game Online Dengan Akses Telkom Speedy ini dipublish oleh Braja pada hari Sunday, May 12, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Warnet Game Online Dengan Akses Telkom Speedy
 

0 komentar: